*

Pages

Saturday 12 May 2018

Wanita dan Ramadhan


Kamis, 10 Mei 2018
Wanita dan Ramadhan
Kamus (Kajian Muslimah Online) Ramadhan by PPI Turki
via WhatsApp
Pembicara: Nabila Hayatina
 
Ortaköy Mosque. Koleksi Pribadi.

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalammualaikum wr wb.

Menjemput berjuta pahala di bulan Ramadhan, Untukmu Muslimah Berhalangan. Tentu saja bisa. Karena haidh bukanlah halangan atau hambatan, tapi justru tantangan untuk muslimah meraih pahala lebih dibandingkan kaum lelaki. Haidh disiapkan, semata adalah tanda bahwa kita akan melahirkan generasi, haidh juga merupakan momen dimana para wanita sekaligus melatih kondisi batin saat nanti mendidik anak dan menjadi pendidik keluarga. Jadi sebenarnya haidh, adalah medan tarbiyah/pendidikan. Dimana Allah mendidik wanita agar lebih bersabar dan kuat.

Lalu, bagaimana jika muslimah haidh di bulan puasa?
Alhamdulillah, pada awal kita menyadari masa haidh telah datang, dan kita bersabar padahal kita sudah berpuasa dan kita baru menyadari haidh datang, dan kita bersahbar, maka pintu pahala mulai terbuka.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan bagi wanita muslimah haid adalah;
1. Berpuasa
2. Shalat
3. Thawaf di Kabah
4. Itikaf dan berdiam diri di masjid
5. Menyentuh mushaf
6. Membaca Al Quran (ikhtilaf ulama. ada yang membolehkan dan ada yang tidak)
7. Hubungan intim

Haidh, agar masa haidh kita berpahala, agaknya pada masa awalnya kita mestilah memahami bahwa itu adalah kodrat wanita. Ia training dan latihan.

Amalan-amalan yang bisa dilakuakn di bulan puasa:
1. Menyiapkan sahur dan berbuka
2. Menjauhi yg dilarang agama
3. Perbanyak berdoa dan dzikir disiang hari
4. Amar makruf nahi munkar terutama keluarga dan kerabat
5. Ingatkan saudara, teman agar sentiasa melakuakn amalan sunnah (dhuha, Tahajud, tarawih)
6. Sibukkan diri kita dengan menuntut ilmu (tafsir, shirah nabawiyah, hadits dsb)
7. Dzikir malam dan pagi
8. Menghindari Ghibah
9. Hindari hal-hal yang syubhat (TV, infotainment dan sejenisnya)

Memperbanyak doa, istighfar dan shalawat tentu menjadi ladang besar bagi wanita haidh. kenapa? Sudahlah di bulan Ramadhan, pun sedang sakit. Haidh bisa dikatakan bahwa kita sedang sakit, dan rasul mengatakan, doanya orang sakit maqbul insyaAllah.

Wallahualam bishawwab.



Q&A
TERMIN 1
1.      Niat puasa jika lupa dsb.
Jawab:
Bisa. Niat yang sudah terbesit dalam hati dihitung niat. Niat yang harus dan wajib diucapkan niat haji dan Umroh.

2.      Mana yang lebih shahih dalam pendapat membaca Al Quran?
Jawab:
Hadits yang menjelaskan larangan wanita memegang mushaf jelas. Tapi banyak perbedaan ulama.
a. Diantara yang melarang adalah dasar hadits dan dalil Al Quran "Laa Yamasuhu illal muthaharuun" Tidak boleh memegang (al Quran kecuali yang suci)
b. Yang membolehkan, alasannya:
     - Wanita banyak di neraka dan mafsadat qalbu sangat banyak. Jika dekat dengan Al Quran maka maslahat dekat dengannya.
     - Dalam ilmu Hadits dikatakan boleh, jika dalam rangka belajar.
     - Tidak langsung memegang tapi menggunakan kain atau sejenisnya (sarung tangan) atau via gadget.

     Semua pendapat bisa kita pegang dan hormati. Wanita akan lebih banyak melakukan hal tidak berguna, belum lagi kondisi jiwa yang naik turun, maka dekat dengan al Quran kala haid akan membantu mengondisikan jiwa. Tentu dengan menjaga adab saat membaca Al Quran. Tapi jika lingkungan dan keluarga tidak mendukung atau tidak setuju, maka ikutilah dan hormatilah. Karena kita masih bisa membaca dan mendalam al Quran dengan belajar tafsir.

3.      Rukun mandi wajib dan syaratnya
Jawab:
Dari Aisyah, istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi junub, beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak tangannya. Kemudian beliau berwudhu sebagaimana wudhu untuk shalat. Lalu beliau memasukkan jari-jarinya ke dalam air, lalu menggosokkannya ke kulit kepalanya, kemudian menyiramkan air ke atas kepalanya dengan cidukan kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, kemudian beliau mengguyurkan air ke seluruh badannya.” (HR. Bukhari no. 248 dan Muslim no. 316)
Maka, harus mengalirkan air tapi tidak perlu keramas pakai shampo. Cukup menyiramkan air ke atas kepala.

Tentang tilawah Al Quran, boleh keduanya. Tapi tergantung targetan yang dikejar.Yang utama adalah perbanyak membaca Al Quran.

Wallahualam

TERMIN 2
1.      Apakah kita wajib menghentikan sahur saat adzan subuh berkumandang, ataukah kita diperbolehkan makan dan minum sampai muadzin selesai dari adzannya?
Jawab:
Berdasarkan arti dan makna puasa, yaitu menahan diri, menahan hawa nafsu, menjauhkan diri dari makan dan minum dan tidak berhubungan suami istri dari terbit fajar hingga maghrib. Fajar ditandai dengan masuknya adzan subuh, dam maghrib untuk berbuka ditandai dengan adzan pula. Maka, hendaknya dihentikan.

2.      Saya pernah mendengar begini, kalau mau tahajud setidaknya tidur (benar-benar tidur) walau hanya sebentar. Sementara Ramadhan ini waktu malam sangat sebentar. Kalau tidur kebablasan sahurnya. Apakah mesti tidur untuk tahajud? Atau boleh tahajud langsung?
Jawab:
Menurut para ulama, tahajud artinya menunaikan shalat setelah tidur. Tapi Al Hajjaj RA mengatakan seseorang yang bangun kemudian berdiri shalat hingga subuh maka ia dikatakan sudah tahajud.
Tapi ada juga Qiyamul lail, yang artinya menghidupkan malam. Segala ibadah yang dilakukan dikala malam, kapanpun, dalam bentuk shalat atau membaca al-quran dan dzikir, maka ia disebut Qiyyamul lail.
Kita bisa menghidupkan malam kita dengan qiyyamul lail. Para ulama biasa menghabiskan sempitnya malam dengan berlama shalat dan membaca Al Quran.

3.      Waktu masuk Subuh kalau di Turki ini ada tandanya kah?
Kalau memang ada, mungkin pertanyaan ini bisa dipakai buat puasa di luar Ramadhan. Kan kalau di luar Ramadhan, adzan Subuh biasanya dikumandangkan setengah jam-an dari waktu Subuh. Nah kalau untuk puasa, batas sahur kalau kita lihat di website Diyanet (translate: Kementrian Agama di Turki), dengan waktu di aplikasi shalat misalnya, kadang berbeda, itu gimana? Kita ikut yg mana? *waktu Subuh untuk bulan Ramadhan
Jawab:
Di Turki waktu masuk subuh sesuai dengan waktunya. Yang biasanya waktu imsak (adzan subuh) nya di luar Ramadhan setengah jam setelahnya, kalau ramadhan tidak begitu. Sesuai dengan waktu imsak. Dan langsung adzan.

TERMIN 3
1.      Misal puasa Ramadhan / qadha, misalnya bangun tidur kita langsung makan, minum
Kan azan di Turki ini ganti-ganti terus ya, sebelumnya kita ngira azan seperti hari-hari sebelumnya, misalnya jam 04.15
Bangun tidur kita makan, minum.. Setelah makan ternyata kita lihat waktu menunjukkan pukul 4.15 ternyata hari itu jadwal azannya jam 04.13.. Itu gimana ya, apakah kita meneruskan berpuasa atau dibatalin aja?
Jawab:
Lanjutkan aja. Allah insyaAllah lebih tahu dan mengampuni. Berdasarkan hadits Arbain, bahwa ada tiga hal yang Allah ampuni didalamnya; Salah karena tidak tahu, lupa, dan terpaksa.

2.      Bagaimana jika wanita haid menjadi suci di siang hari bulan ramadhan?Apakah harus langsung menghentikan makan minum dan segala hal pembatal puasa?
Jawab:
Gak perlu. Karena dia tidak berpuasa dari fajar yg artinya syarat dan rukunnya belum terpenuhi.
Hutang puasa / qadha berlaku atas hari itu.

3.      Mandi wajib dulu tetapi tidak sahur atau sahur tetapi mandi wajibnya setelah adzan subuh. lebih baik yg mana ya ka?
Jawab:
Sahur itu sunnah muakkadah. Amat baik mesti hanya dengan segelas air. Baiknya ada asupan sahur sedikit (dalam rangka ibadah sunnah dan bekal energi meski sedikit) kemudian mandi wajib sebelum masuk subuh. Tapi jika amat mepet, maka baiknya dahulukan mandi wajib, dan insyaAllah kita minta sama Allah agar dikuatkan.


Closing Statement
Banyak saudara saudara kita yang telah mendahului kita kematiannya, sedih dan menyesal. Berharap agar bisa dikembalikan ke dunia, hanya untuk bertemu Ramadhan.
Maka, semoga Ramadhan kali ini, jika pun ia Ramadhan terakhir, smoga kelak ia lebih baik dari yang lalu, dengannya kita menjadi taqwa. Kita berharap ia-nya kan membela kita, di akhirat nanti. Jika pun ia bukan Ramadhan terakhir kita, semoga kelak kita menjadi wisudawan terbaik Ramadhan hingga Ramadhan depan bisa lebih baik.



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Untuk kritik dan sarannya mohon dilampirkan dibawah ini.... Terima Kasih

Search in This Blog

Pesan untuk Penulis

Name

Email *

Message *

Archives

Another Blog

Blog Archive

Tulisan Terbaru!

Witsqa Masak: Yumurtali Patates

DISCLAIMER!  Witsqa Masak merupakan kumpulan resep yang terhitung berhasil untuk dipraktekkan oleh saya. Sumber resepnya sendiri bisa berasa...