*

Pages

Wednesday 30 May 2018

Syukur oleh Ust. Aam Amiruddin


Ust. Aam Amiruddin
Majelis Percikan Iman
2018

Bismillah..

Q&A
  • Kalau shalat sunnah diperbolehkan sambil memegang mushaf, dengan tujuan memeriksa hafalan kita.
  • Jikalau Imam shalat salah dalam melakukan gerakan shalat, maka:
    • Wanita, memberikan isyarat dengan melakukan tepuk
    • Pria, memberikan isyarat dengan mengucapkan Subhanallah
  • Jikalau Imam shalat salah dalam bacaan maka luruskanlah. Namun, Imam shalat tersebut tetap bersikukuh maka biarkanlah.

Kajian
Jenis-jenis hati:
  1.        Hati yang sehat
  2.        Hati yang sakit
  3.        Hati yang mati

Syukur
Prinsip dalam hidup ada 3:
  1.        Syukur atas nikmat
  2.        Sabar atas musibah
  3.        Memperbaiki diri

Kita harus bersyukur atas:
  1.        Kemampuan berpikir
  2.        Kesehatan
  3.        Menikmati hidayah

Hidayah adalah petunjuk hidup yang terdiri atas Al-Qur’an dan Sunnah. Al-Qur’an dan Sunnah dapat disebut juga sebagai peta kehidupan kita.
Dalam Q.S. Al-An’am ayat 125, berbunyi:
فَمَن يُرِدِ ٱللَّهُ أَن يَهۡدِيَهُۥ يَشۡرَحۡ صَدۡرَهُۥ لِلۡإِسۡلَٰمِۖ وَمَن يُرِدۡ أَن يُضِلَّهُۥ يَجۡعَلۡ صَدۡرَهُۥ ضَيِّقًا حَرَجٗا كَأَنَّمَا يَصَّعَّدُ فِي ٱلسَّمَآءِۚ كَذَٰلِكَ يَجۡعَلُ ٱللَّهُ ٱلرِّجۡسَ عَلَى ٱلَّذِينَ لَا يُؤۡمِنُونَ ١٢٥
Artinya: Barang siapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barang siapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki ke langit. Begitulah Allah menimpakan siksa pada orang-orang yang tidak beriman.
Adapun wilayah syukur kita adalah:
  1. Habluminallah (kepada Allah dengan cara mengamalkan 3 poin yang telah disebutkan sebelumnya)
  2. Habluminannas (kepada sesama manusia, misal orangtua)

Dalam Q.S. AL-Ahqaf (46) ayat 15, berbunyi:
وَوَصَّيۡنَا ٱلۡإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيۡهِ إِحۡسَٰنًاۖ حَمَلَتۡهُ أُمُّهُۥ كُرۡهٗا وَوَضَعَتۡهُ كُرۡهٗاۖ وَحَمۡلُهُۥ وَفِصَٰلُهُۥ ثَلَٰثُونَ شَهۡرًاۚ حَتَّىٰٓ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُۥ وَبَلَغَ أَرۡبَعِينَ سَنَةٗ قَالَ رَبِّ أَوۡزِعۡنِيٓ أَنۡ أَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ ٱلَّتِيٓ أَنۡعَمۡتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَيَّ وَأَنۡ أَعۡمَلَ صَٰلِحٗا تَرۡضَىٰهُ وَأَصۡلِحۡ لِي فِي ذُرِّيَّتِيٓۖ إِنِّي تُبۡتُ إِلَيۡكَ وَإِنِّي مِنَ ٱلۡمُسۡلِمِينَ ١٥
Artinya: Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”

Bentuk bakti kepada orangtua adalah dengan mendoakan, mengalah untuk hal yang tidak prinsipil, tidak boleh membentak dan berkata kasar.
Bentuk bakti kepada orangtua yang telah wafat adalah dengan mendoakannya, meneruskan kebiasaan baiknya, mewujudkan cita-cita baiknya, serta melanjutkan silaturahmi dengan sahabat serta teman dari almarhum/almarhumah kedua orangtua kita.

Wassalam.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Untuk kritik dan sarannya mohon dilampirkan dibawah ini.... Terima Kasih

Search in This Blog

Pesan untuk Penulis

Name

Email *

Message *

Archives

Another Blog

Blog Archive

Tulisan Terbaru!

Witsqa Masak: Yumurtali Patates

DISCLAIMER!  Witsqa Masak merupakan kumpulan resep yang terhitung berhasil untuk dipraktekkan oleh saya. Sumber resepnya sendiri bisa berasa...