*

Pages

Monday 25 May 2020

Restarting my Life

Alhamdulillah, kemarin hari Ahad 25 Mei 2020, umat muslim telah merayakan hari kemenangannya. Meski raga sesama saudara tak dapat saling mendekat, semoga kita tetap mampu untuk memaknai Ramadan dan Idul Fitri 1441 H tahun ini. Allahumma aamiin. Semoga Ramadan kali ini menjadi Ramadan yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Pernah muncul sebuah topik obrolan yang cukup menarik antara saya dan seorang teman saya. Teman saya berhasil mengaktifkan kembali sebuah sisi dari pribadi saya yang rasanya hilang beberapa saat (sebenarnya dapat dikatakan cukup lama hehe), Alhamdulillah tsumma Alhamdulillah. Terima kasih atas perantara-Nya tersebut. Jadi, saya merasa ada beberapa 'ghirah' yang dahulu sempat sangat menggebu-gebu dan saya sendiri sangat antusias dalam menyambut dan menjalaninya, namun hilang begitu saja, seiring dengan tekanan duniawi yang semu dan menjemukan. Ya, saya sangat akui dan sepenuhnya sadar akan hal tersebut.


This is what are we gonna talk about.

Dari ilustrasi diatas sudah jelas terlihat tentang apa yang ingin saya utarakan disini. To be exact: After Ramadan Resolutions.
"Oh, setelah Ramadan.", ujar saya dalam hari.
Menarik. Mungkin sudah saatnya bagi saya untuk memperbaharui resolusi dan misi hidup ini. Alhamdulillahnya selama saya merasa kehilangan 'ghirah' ini saya tidak pernah barang sedetik pun terlupa akan visi hidup yang selalu saya genggam. Belajar dari masa-masa berjuang di S1 dahulu. Ada seorang kakak senior yang mengingatkan kalau terkadang terlupa akan visi hidup. Semenjak itu, saya selalu simpan lekat dalam pikiran dan hati. Agar diri mampu untuk tetap on the right track. On the left track juga gak masalah sih. yang penting masih dalam track, hehe. Paham sama jokes aku nggak ya? Haha.

Pada intinya adalah membuat resolusi setelah Ramadan di setiap tahunnya. Saya yang akhirnya tergerak untuk 'mencoba lagi' pun bangkit dan membuka buku planner yang pernah saya buat beberapa tahun lalu. Ya. Buku tersebut berisi rencana lima tahunan saya. Saya pandang lekat-lekat, baru dua yang saya beri check mark, serta satu buah yang saya coret (tanda tidak berhasil dipenuhi), dari sekian list yang saya tuliskan. Tulisan tersebut saya buat di tahun 2017, sekarang 2020, artinya saya masih memiliki kurang lebih dua tahun lagi untuk memenuhi perencanaan-perencanaan saya tersebut, inshaaAllah jika Allah izinkan dan ridhai.

So, poin penting yang bisa kita uraikan disini dan berdasarkan yang saya jalani adalah:

  1. Miliki, jaga dan pelihara visi hidup
  2. Tentukan misi dalam mencapai visi hidup (buat list yang banyak, realistis ataupun fantastis tak apa. inshaaAllah rezeki Allah dari hal yang tidak disangka-sangka.)
  3. Buat perencanaan tahunan
    Tak apa buat perencanaan setinggi mungkin. Sehingga kita akan mengusahan berbagai cara (yang diridhai Allah tentunya) untuk dapat memenuhinya.
  4. Buat perencanaan lima tahunan
  5. Evaluasi dari setiap perencanaan kita saat sudah masuk waktu jatuh tempo
Mohon maaf dikarenakan tulisan kali ini mungkin agak kurang terstruktur dengan baik. Tapi besar harapan saya dapat dipetik ilmunya yang hanya sedikit ini.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Untuk kritik dan sarannya mohon dilampirkan dibawah ini.... Terima Kasih

Search in This Blog

Pesan untuk Penulis

Name

Email *

Message *

Another Blog

Tulisan Terbaru!

Witsqa Masak: Yumurtali Patates

DISCLAIMER!  Witsqa Masak merupakan kumpulan resep yang terhitung berhasil untuk dipraktekkan oleh saya. Sumber resepnya sendiri bisa berasa...