*

Pages

Tuesday 25 August 2020

[Book Review] Hikmah Luqman Al-Hakim

Judul Buku          :    Hikmah Luqman Al-Hakim
Penulis                 :    Adil Al-Ghiryani
Penerbit               :    TUROS (Khazanah Pustaka Islam)
Tahun                  :    Mei 2015 (Cetakan pertama)
Jumlah Halaman  :    145 hlm.

Luqman Al-Hakim berpesan pada anaknya, “wahai anakku, jadilah orang yang lemah lembut, mudah berbuat baik, banyak berpikir, sedikit berbicara kecuali dalam kebenaran, banyak menangis, jarang bergembira. Janganlah engkau bergurau, membuat gaduh dan berdebat! Jika engkau diam, diamlah dengan merenung. Dan, bila berbicara, maka berbicaralah dengan hikmah” – hlm. 104

-------- 

Siapa Luqman Al-Hakim?

Ini merupakan pertanyaan yang paling utama yang pastinya ada di benak kalian. Luqman Al-Hakim hanyalah seorang budak Habasyi (dari negeri Habasyah) dan seorang tukang kayu. Allah memberikan hikmah (kebijaksanaan) tapi tidak menganugerahinya kenabian. Kebijaksanaannya pula yang membuat dirinya merdeka.

Tentang buku ini...

Buku ini berisi butiran nasihat-nasihat dan perkataan penuh hikmah dari Luqman Al-Hakim sebanyak 88 butir. Bersumber dari kitab Al-Bidayah wa an-Nihayah, Tafsir Ibnu Katsir, dan masih banyak lagi.

Mungkin diantara kalian ada yang pernah membaca tulisan saya yang satu ini. Buku ini seperti meyakinkan saya akan tulisan itu. Berinteraksi dengan Q.S. Al-Luqman membuat diri ini seperti dihujani dengan nasihat-nasihat. Pesan moral dan nasihat yang disampaikan sangat sarat makna. Highly recommended!

 

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Untuk kritik dan sarannya mohon dilampirkan dibawah ini.... Terima Kasih

Search in This Blog

Pesan untuk Penulis

Name

Email *

Message *

Another Blog

Tulisan Terbaru!

Witsqa Masak: Yumurtali Patates

DISCLAIMER!  Witsqa Masak merupakan kumpulan resep yang terhitung berhasil untuk dipraktekkan oleh saya. Sumber resepnya sendiri bisa berasa...