*

Pages

Wednesday 24 July 2019

Kajian "Tanda-tanda cinta seorang hamba kepada Allah SWT (end)"

Kajian Majelis Percikan Iman
Ahad, 03 Maret 2019
Masjid Trans Studio Mall

Tanda-tanda cinta seorang hamba kepada Allah SWT (end)
Oleh Ust Aam Amiruddin

Pada pekan lalu telah dibahas mengenai beberapa tanda cinta seorang hamba kepada Allah SWT, diantaranya adalah:
1.       Rindu bertemu dengan Allah SWT
2.       Nikmat bermunajat
3.       Selalu berterima kasih
Tak lupa pula akan:
- Nikmat umur
- Nikmat sehat
- Nikmat hidayah

Berikut adalah tanda cinta lainnya dari seorang hamba kepada Allah SWT, yaitu:
4.       Selalu bersabar
Selalu bersabar atas apa yang diberikan oleh Sang Maha Kuasa. Seperti yang tercantum didalam Q.S. Al-Anbiya ayat 35:
“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan mengujimu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Kamu akan dikembalikan kepada Kami.”
Yang perlu digarisbawahi adalah bagian merasakan mati, artinya mati itu memiliki rasa. Tapi sebelum mati itu akan diuji dengan buruk dan baik, maka orang yang mencintai Allah SWT akan menikmati ujian-ujian hidupnya dengan penuh kesabaran.
Dapat kita lihat pada Q.S. Al-Baqarah ayat 155 yang menyatakan bahwa:
“Kami pasti akan mengujimu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Sampaikan kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.”
Kelaparan disini memiliki dua pemaknaan, yakni tidak bisa memakannya (dikarenakan sakit, dlsb) dan memang tidak memiliki makanan. Dan jelaslah bahwa kekurangan harta serta jiwa merupakan bagian daripada ujian Allah SWT.
Dan ketika diberikan ujian, maka ingatlah akan Q.S. Al-Imran ayat 200:
“Hai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkalah kesabaranmu. Tetaplah waspada dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.”

5.       Mengutamakan apa yang dicintai Allah SWT
Mengingat Q.S. At-Taubah ayat 24 yang berterjemah:
“Katakanlah: ‘Jika bapak-bapakmu, anak-anakmu, saudara-saudaramu, isteri-isterimu, keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perdagangan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan rumah-rumah yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan daripada berjihad di jalan-Nya, tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya’. Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.”
Boleh jadi kita mencintai orangtua kita dan segala apapun yang ada di muka bumi ini, namun kecintaan kita pada hal-hal tersebut tidak boleh melebihi kecintaan kita terhadap Sang Maha Pencipta.
Contohnya adalah Abdurrahman bin Auf r.a. yang merupakan salah seorang sahabat Rasul sekaligus hartawan nan dermawan. Sampai-sampai beliau tergolong kedalam assabiqunal awwalun (kelompok sahabat yang masuk Islam di urutan awal).

6.       Senang mempelajari ayat-Nya
Ketika mempelajari ayat-Nya akan tergetar hatinya dan semakin bertambah keimanannya. Dan orang yang mencintai Allah SWT ini akan sangat senang mendengarkan nasehat (apalagi dari ayat al-qur’an). Seperti yang tertera didalam Q.S. Al-Anfal ayat 2-4 dan Q.S Az-Zumar ayat 18. Tidak akan gemar mendengar dan mempergunjingkan hal-hal yang tidak baik. Hanya senang mendengar kebaikan.

7.       Gemar bertaubat
Istri ataupun yang mencintai pasangannya saja selalu meminta maaf atas kesalahan yang telah diperbuat. Apalagi terhadap Allah SWT yang tiada bandingannya.
Seperti yang digambarkan pada Q.S. Qaf ayat 31-35

(SELESAI)
Pembahasan mengenai tanda-tanda cinta seorang hamba kepada Allah SWT telah usai.  

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Untuk kritik dan sarannya mohon dilampirkan dibawah ini.... Terima Kasih

Search in This Blog

Pesan untuk Penulis

Name

Email *

Message *

Archives

Another Blog

Tulisan Terbaru!

Witsqa Masak: Yumurtali Patates

DISCLAIMER!  Witsqa Masak merupakan kumpulan resep yang terhitung berhasil untuk dipraktekkan oleh saya. Sumber resepnya sendiri bisa berasa...