*

Pages

Monday 21 September 2020

Waktunya Bahasa Turki: Alfabet (2)

Pada artikel sebelumnya, dibahas mengenai alfabet dalam bahasa Turki disertai cara pelafalan dan contoh penggunaan dalam kata. Sengaja disuguhkan banyak kata, demi memperkaya kosakata dalam bahasa Turki. Semoga bermanfaat ya!

Nah, kali ini akan dibahas topik yang masih berkaitan dengan alfabet dan tidak kalah penting, yaitu pengelompokan huruf. Pengelompokan huruf terdiri atas huruf vokal dan konsonan. Sedangkan untuk huruf vokal terbagi lagi menjadi tebal dan tipis seperti pada Gambar 1. Untuk topik ini pernah aku bahas di channel youtube aku.

Adapun pengelompokan huruf-huruf dalam Bahasa Turki, diantaranya:
Ünsüz harfler (huruf-huruf konsonan) : b c ç d f g ğ h j k l m n p r s ş t v y z
Ünlu harfler (huruf-huruf vokal): a e ı i o ö u ü

Pada ünsüz harfler dapat dikelompokkan sebagai berikut, diantaranya:
Özel (khusus) : f t s k ç ş h p
Diğer (lainnya) : b c d g ğ j l m n p r s t v y z


Sedangkan,
ünlu harfler dibagi lagi menjadi dua, diantaranya:
Kalın (tebal) : a  ı o u
İnce (tipis) : e i ö ü

http://
Gambar 1 Pengelompokan huruf dalam bahasa Turki.


Mulai njelimet, ya? Nggak usah bingung, ok! Yang perlu diperhatikan dan diingat adalah özel, kalin, dan ince. Karena diğer itu sisanya. Sebenarnya nggak perlu dihapal juga, cukup buat catatan kecil yang dapat kalian lihat dengan mudah. Karena ini akan sangat berguna untuk selanjutnya. Seiring berjalannya waktu, kalian nggak akan perlu lagi tuh ‘nyontek’ dari catatan kecil kalian itu. Dijamin!

Penting sekali memahami huruf konsonan dan vokal (tebal dan tipis) dalam bahasa Turki. Hal tersebut bermanfaat dalam mengharmonisasikan huruf atau penyesuaian huruf sebelumnya dengan imbuhan di akhir. Hal ini akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Materi pada artikel kali ini memang sangat singkat, namun diharapkan dapat dipahami sebaik mungkin. Guna memperlancar dalam mempelajari bahasa Turki pada artikel-artikel selanjutnya. Görüşürüz arkadaşlar! (Sampai jumpa lagi, teman-teman!)

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Untuk kritik dan sarannya mohon dilampirkan dibawah ini.... Terima Kasih

Search in This Blog

Pesan untuk Penulis

Name

Email *

Message *

Archives

Another Blog

Tulisan Terbaru!

Witsqa Masak: Yumurtali Patates

DISCLAIMER!  Witsqa Masak merupakan kumpulan resep yang terhitung berhasil untuk dipraktekkan oleh saya. Sumber resepnya sendiri bisa berasa...